Terima kasih, Pak Bakir!! Seremoni Purna Tugas Kepala Balai Taman Nasional Way Kambas

….sebagai mantan seorang pegawai konservasi di lingkungan taman nasional, saya tidak mungkin berhenti menjalankan aktifitas konservasi (Subakir, 2020)

Seremoni Purna Tugas Kepala Balai Taman Nasional Way Kambas dilaksanakan pada Hari Selasa tanggal 29 September 2020 dihadiri oleh banyak pihak apda level provinsi maupun kabupaten. Tidak luput juga Plt. Kepala Balai Besar Bukit Barisan Selatan yang mewakili Direktorat Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia.

Selain itu, para kepala desa penyangga yang berada disekitar Taman Nasional Way Kambas, tokoh masyarakat, dan tokoh agama serta mitra organisasi masyarakat sipil untuk mendukung perlindungan kawasan Taman Nasional Way Kambas sebagai ASEAN Heritage Park dengan 5 species kunci seperti: Badak Sumatera, Harimau Sumatera, Gajah Sumatera, Tapir, dan Beruang Madu.

“..yang membanggakan saya saat bertugas di Taman Nasional Way Kambas adalah meningkatnya jumlah populasi kunci bertambah populasinya. Seperti Badak Sumatera yang berada di SRS melahirkan bayi badak secara alami setelah 124 tahun…” kata beliau dalam memberikan kesan pesan selama bekerja di Taman Nasional Way Kambas.

Tidak kurang dari 300 tamu undangan yang hadir termasuk polisi hutan dan seluruh staff Balai Taman Nasional Way Kambas hadir. Protokol Pencegahan Covid dilaksanakan dengan baik dengan memastikan semua tamu undangan menggunakan masker, disediakannya tempat cuci tangan, hand sanitizer serta duduk berjarak selama agenda berlangsung.

Acara ditutup dengen penyerahan cinderamata oleh Yayasan Penabulu mewakili SGP Indonesia kepada Bapak Subakir sebagai tanda kenang kenangan dalam memastikan perlindungan Taman Nasional Way Kambas sebagai ASEAN Heritage Park (AHP).