Pelatihan Pengelolaan Keuangan Penerima Hibah Kecil SGP Indonesia Siklus 1

Yayasan Penabulu sebagai Service Provider menyelenggarakan Pelatihan Pengelolaan Keuangan bagi Penerima Hibah Kecil SGP Indonesia Siklus 1 dengan tujuan mengelola dan mempertanggungjawabkan keuangan dan program secara akuntabel serta memahami target capaian dalam SGP Indonesia. Pelatihan ini berlangsung di dua (2) kota, yaitu: Hotel Hermes – Medan, Sumatera Utara yang dilaksanakan pada tanggal 9 – 11 Desember 2019 dan Hotel Grand Anugerah Bandar Lampung pada tanggal 17 – 19 Desember 2019. Pelatihan yang berlangsung selama tiga (3) hari di Medan dibuka oleh Bapak Joko mewakili Kepala Balai Taman Nasional Gunung Leuser dan dihadiri oleh perwakilan dari ASEAN Centre for Biodiversity (ACB). Sedangkan pelatihan yang berlangsung di Lampung dilaksanakan selama tiga (3) hari bertempat di Hotel Grand Anugerah Bandar Lampung, dibuka oleh Bapak Subakhir, Kepala Taman Nasional Way Kambas.

Peserta yang mengikuti pelatihan ini adalah penerima hibah kecil SGP Indonesia Siklus 1 untuk Taman Nasional Gunung Leuser yaitu: Walhi Sumatera Utara, YOSL-OIC, PETAI, Vesswick dan Yayasan Ekosistem Lestari dan Taman Nasional Way Kambas, yaitu: UNILA, Alert dan PILI Green Network.

Materi yang diberikan selama pelatihan ini tentang manajemen keuangan dan manajemen program yang bertujuan memudahkan Penerima Hibah Kecil dalam mempertanggunjawabkan laporan keuangan serta pelaporan program.

Selama proses pelatihan pengelolaan keuangan difasilitasi oleh Bapak Paul Mario Ginting, Ibu Nurul Ariska Ferani, dan Bapak Sugiarto Arif Santoso yang merupakan tim kerja Service Provider Penabulu untuk SGP Indonesia.