Sosialisasi SGP Indonesia Taman Nasional Gunung Leuser dan Taman Nasional Way Kambas

Medan, 16 Juli 2019 & Lampung, 22 Juli 2019

Sosialisasi Program Hibah Kecil Indonesia (SGP) yang berlangsung di Aula Kantor Taman Nasional Gunung Leuser dan dihadiri oleh 32 orang dari berbagai organisasi masyarakat dan universitas dari Sumatera Utara dan Provinsi Nangroe Aceh Darussalam, 16 Juli 2019 Sedangkan sosialisasi yang dilakukan di TNWK dilakukan di Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Wilayah III Bengkulu-Lampung, di Lampung pada 22 Juli 2019. Peserta dihadiri oleh 38 orang dari berbagai organisasi masyarakat sipil dan universitas di Lampung.

Suasana pertemuan sosilisasi SGP IDN di Lampung

Acara sosialisasi SGP Indonesia dibuka oleh Bapak Jefry sebagai Kepala Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser dan Bapak Subakhir sebagai Kepala Balai Taman Nasional Way Kambas, mereka sangat mendukung kegiatan ini karena dapat meningkatkan kesadaran masyarakat dan juga meningkatkan kapasitas organisasi masyarakat sipil dan universitas yang peduli terhadap kelestarian lingkungan di Indonesia. wilayah.

Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan dari Pusat Keanekaragaman Hayati Asean (ACB) Ibu Wardhani Ekoningtyas dan Yayasan Penabulu sebagai Penyedia Layanan dalam Program Hibah Kecil SGP Indonesia dan didukung oleh perwakilan NWT dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Suasana pertemuan sosilisasi SGP IDN di Medan

SGP Indonesia, adalah program kolaborasi di tingkat Asia Tenggara, Pusat ASEAN untuk Keanekaragaman Hayati (ACB) dan Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Melalui Yayasan Penabulu sebagai Penyedia Layanan, SGP Indonesia akan memberikan dukungan dana untuk proyek Hibah Kecil dan Hibah Mikro untuk proyek konservasi Taman Warisan ASEAN (AHP) di Indonesia, salah satunya adalah Taman Nasional Way Kambas (TNWK). Dana SGP Indonesia yang akan didistribusikan oleh Penabulu Foundation dibagi menjadi 2 jenis Hibah. Hibah mikro akan diberikan maksimum EUR 5.000 dengan masa kerja 6 bulan dan HIbah kecil akan diberikan dalam kisaran EUR 20.000 – 100.000 dengan periode implementasi 6-12 bulan.

Ada tujuan SGP Indonesia

Sebuah. Meningkatkan perlindungan keanekaragaman hayati sejalan dengan kepentingan populasi lokal yang secara langsung bergantung pada AHP tertentu dan daerah yang berdekatan;

  1. Meningkatkan mata pencaharian orang-orang yang secara langsung bergantung pada sumber daya di dalam dan sekitar AHP; dan
  2. Memperkuat peran ACB dalam mempromosikan perlindungan keanekaragaman hayati di antara negara-negara anggota ASEAN.

Setelah Yayasan Penabulu sebagai Penyedia Layanan mempresentasikan SGP Indonesia dan rencana untuk membuka hibah kecil dan mikro SGP Indonesia, peserta sangat antusias untuk menjadi penerima potensial dari SGP Indonesia untuk Taman Nasional Gunung Leuser dan kawasan Taman Nasional Way Kambas dan sekitarnya.