Pengumuman Panggilan Hibah Kecil SGP Indonesia – Siklus 4

Small Grant Program (SGP) Indonesia merupakan program kerjasama antara ASEAN Centre for Biodiversity (ACB) dengan Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam bentuk Small Grant Program yang meliputi program konservasi keanekaragaman hayati dan mata pencaharian. Kerjasama ini tertuang dalam Memorandum Saling Pengertian (MSP) yang ditandatangani oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) cq. ASEAN Chair Indonesia bersama Direktur Eksekutif ACB tanggal 21 Mei 2015 di Jakarta dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan cq. Direktorat General Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem cq Direktorat Konservasi Keanekaragaman Hayati sebagai Programme Implementing Agency. Dukungan pendanaan untuk program ini diperoleh dari Pemerintah Jerman melalui Kerjasama Keuangan Jerman/KfW (BMZ No. 2011 66545).

SGP Indonesia mengundang seluruh Organisasi Masyarakat Sipil di Indonesia untuk mengajukan proposal dalam bentuk dukungan pendanaan Hibah Kecil untuk Program Konservasi dan mendukung sumber penghidupan masyarakat disekitar kawasan ASEAN Heritage Park (AHP) di Indonesia, khususnya di  Taman Nasional Way Kambas (TNWK).

Ketentuan Umum Kelayakan Calon Penerima Hibah

SGP Indonesia akan memberikan dukungan dana terbatas pada Organisasi Masyarakat Sipil lokal maupun nasional dalam bentuk Yayasan/Perhimpunan atau Perguruan Tinggi/Lembaga Penelitian yang memiliki Memorandum of Understanding (MoU) dengan Direktorat Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (Dirjen KSDAE), Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) atau Perjanjian Kerjasama dengan Balai Besar atau Balai TNWK atau Surat Rekomendasi dari Otoritas TNWK saat proses pengajuan Surat Kerjasama.

Tema Panggilan Proposal SGP Indonesia Siklus 4

Panggilan proposal program hibah kecil siklus 4 untuk Taman Nasional Way Kambas, berfokus pada peningkatan mata pencaharian masyarakat termasuk pengembangan ekowisata di 12 desa sekitar Taman Nasional dan konservasi keanekaragaman hayati. Jumlah hibah maksimum yang akan diberikan untuk penerima hibah yang berhasil adalah EUR 100.000. Calon penerima hibah wajib mengirimkan proposal ke Yayasan Penabulu sebagai Service Provider SGP Indonesia melalui email. Dokumen persyaratan dan informasi lebih lanjut dapat diunduh di http://sgp1idn.grantmanagement.penabulufoundation.org

BATAS WAKTU

  • Batas akhir pemasukan proposal adalah 26 Maret 2022, pukul 23:59 WIB.