Kunjungan Lapangan SGP Indonesia – Taman Nasional Way Kambas

Pertemuan dengan Kelompok Tani Hutan di Desa Braja Harjosari dan Desa Rantau Udik II, Lampung Timur

Lampung Timur, 20-21 Juli 2019. ASEAN Centre for Biodiversity (ACB), National Working Team (NWT) dan Penabulu sebagai Service Provider melakukan kunjungan lapangan pada dua (2) lokasi, yaitu: Desa Rantau Jaya Udik II dan Desa Braja Harjo Sari. Selain itu ACB, NWT bersama Penabulu melakukan kunjungan ke Suaka Rhino Sumatera (SRS) dan Pusat Latihan Gajah (PLG).

Kunjungan bersama (Joint Visit) dimulai dari Desa Rantau Jaya Udik II yang berbatasan dengan Seksi II Kuala Penet TNWK. Bapak Subakhir sebagai Kepala Balai Taman Nasional Way Kambas membuka acara dan memberikan kata sambutan pada pertemuan Sosialisasi Program Hibah Kecil Indonesia. Sambutan mereka sangat positif terhadap Sosialisasi program Hibah kecil Indonesia, karena dapat mendukung Kelompok Tani Hutan dalam mengembangkan zona tradisional untuk pakan ternak sehingga masyarakat tidak mengambil bahan pakan ternak dalam kawasan TNWK. Desa Rantau Jaya udik II ini juga telah berhasil dalam memproduksi dan madu dan ternak lele.

Kunjungan lapangan dilanjutkan menuju Desa Braja Harjosari yang berbatasan dengan Seksi I Way Kanan TNWK. Dalam pertemuan tersebut, Bapak Subakhir selaku Kepala Balai Taman Nasional Way Kambas, masih mendampingi dalam Sosialisasi Program Hibah Kecil Indonesia yang didukung oleh ACB dan KfW. Sambutan positif dari kelompok masyarakat sangat antusias dengan program SGP Indonesia yang telah diinformasikan. Dan saat ini, Kelompok Tani Hutan (KTH) Desa Braja Harjosari telah mengembangkan model eco tourism yang telah didukung oleh TNWK dan dan Pemerintah Kabupaten Lampung Timur.

21 Juli 2019, kunjungan lapangan dilanjutan menuju Suaka Rhino Sumatera (SRS) yang dikelola oleh Yayasan Badak Indonesia (YBI). Bersama Bapak Sumedi, melihat perawatan Badak Bina yang dirawat secara intensif oleh Suaka Rhino Sumatera (SRS) – Yayasan Badak Indonesia (YABI) yang berada di Taman Nasional Way Kambas (TNWK). Sosialisasi Program Hibah Kecil Indonesia, bisa mendukung dalam hal Outreach, Patroli, atau bentuk lain.

Kemudian melanjutkan kunjungan terakhir adalah Pusat Latihan Gajah (PLG) yang dikelola oleh Taman Nasional Way Kambas. Sosialisasi Program Hibah kecil Indonesia, bisa mendukung dalam pemberdayaan masyarakat, pakan gajah dan penyadartahuan, dan juga kesejahteraan satwa liar (Wildlife Welfare).